Gunung Batur

Gunung Batur adalah gunung tertinggi kedua di Bali, setelah Gunung Agung. Gunung ini terletak di atas Danau Batur, Kintamani Gunung yang memiliki ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut ini adalah gunung api yang masih aktif sampai sekarang sama seperti Gunung Agung. Gunung ini memiliki kaldera besar yang dianggap salah satu yang terbesar dan paling indah di dunia. Kaldera ini terbentuk setelah dua letusan besar 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Gunung hitam kering ini masih memiliki nafas dan memberikan hidup kepada masyarakat di sekitarnya.

Gunung Batur telah berkali – kali meletus. Sejak tahun 1804, Gunung Batur telah meletus sebanyak 26 kali. Letusan paling dasyat terjadi tanggal 2 agustus – 21 september 1926. Letusan Gunung Batur itu membuat aliran lahar panas menimbun Desa Batur dan Pura Ulun Danu batur. Letusan terakhir terjadi tahun 2000.

Terletak di barat Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 kilometer dan merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia. Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1.267 meter hingga 2152 meter. Di dalam kaldera pertama terbentuk kaldera kedua yang wujudnya melingkar dengan garis tengah lebih kurang tujuh kilometer.

Untuk tiba ke kawasan gunung ini dibutuhkan kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari Kuta. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan menakjubkan Danau Batur yang terletak di kaki gunung.
Pendakian ke Gunung Batur menjanjikan pesona yang tiada tara saat Anda tiba di puncak menjelang Matahari terbit. Pada saat itu, Anda akan menyaksikan keindahan alam Bali yang disirami cahaya pagi.

Menurut cerita dalam naskah, Gunung Batur sebenarnya adalah puncak Gunung Mahameru yang dipindahkan oleh Bathara Pasupati untuk menjadikannya sebagai sebuah istana bagi Dewi Danu. Itulah sebabnya masyarakat Bali datang ke Gunung Batur pada hari tertentu dan membuat persembahan di Pura Ulun Danu Batur untuk menghormati Bathara Pasupati dan Dewi Danu sehingga mereka akan memberkati penduduk dengan tanah yang subur dan kemakmuran.

AKSES

Akses jalan ke Gunung Batur sangat baik sehingga sangat mudah dijangkau dengan kendaraan apa pun. Angkutan umum memang tersedia, tapi jumlahnya sedikit. Kecuali Anda memang hendak menikmati asyiknya bertualang, sebaiknya Anda membawa kendaraan sendiri saat mengunjungi kawasan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s